Pedukuhan Dobangsan raih juara 2 Proklim Tingkat DIY

oleh -225 Dilihat

Sleman, Kabarno.com – Pedukuhan Dobangsan, Desa Giripeni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh peringkat dua tingkat DIY sebagai Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dikatakan Teguh Supriyono saat menerima penghargaan peringkat dua di Sleman Selasa, 16 Desember 2019.

” Pedukuhan Dobangsan menerima penghargaan peringkat dua dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca, serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.”

Teguh menambahkan di Pedukuhan Dobangsan, Desa Giripeni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat pengelolaan sampah yakni di Bank Sampah Migunani, penggunaan pupuk organik maupun agen hayati yang biasa dilakukan oleh petani.

Pedukuhan Dobangsan para petani mengolah sawah dengan sistem surjan, perawatan sumber air dengan kearifan lokal yang rutin dilaksanakan setiap bulan Muharram / Sura juga dengan upacara adat yang dikenal dengan “Kawin Sendang” merupakan salah satu cara pelestarian sumber air yang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat Pedukuhan Dobangsan.

Pedukuhan Dobangsan dalam verifikasi program kampung iklim 2019 sehingga mengantarkan Pedukuhan Dobangsan merebut Juara 2 (dua) dalam Verifikasi Proklim Tingkat DIY tahun 2019.

Pedukuhan Dobangsan Desa Giripeni Kecamatan Wates menjadi satu-satunya kelompok yang mewakili Kabupaten Kulon Progo dalam lomba Proklim tingkat Provinsi tahun 2019 yang diikuti oleh 5 kabupaten/kota se-DIY.

Penyerahan penghargaan diberikan pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2019 yang diselwnggarakan di Wisma Airlangga, Kaliurang, Sleman, Pedukuhan Dobangsan, menerima hadiah sebesar Rp. 12.000.000,- (dua belas juta rupiah) atas pencapaian tersebut. ( yah ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.