Panti Asuhan IBNU FATTAH Gelar Buka Bersama Sebagai Ajang Silaturahmi

oleh -118 Dilihat

Pengasih, Kabarno.com – Panti Asuhan Ibnu Fattah yang berada di Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo selama bulan Ramadhan setiap hari Kamis dan Jum’at menyelenggarakan buka bersama. Kegiatan ini guna menjalin silaturahmi antara santri dan para donatur.

“Insya Allah seiring dengan semakin melandainya pandemi Covid-19 di Kulon Progo Panti Asuhan Ibnu Fattah mengadakan buka puasa bersama, buka puasa bersama ini diadakan setiap hari Kamis dan Jum’at selama Ramadhan,” ujar Ketua Yayasan Panti Asuhan Ibnu Fattah Edy Haryanto Jum’at, 15 April 2022.

Lebih lanjut Edy mengatakan buka puasa bersama ini bertujuan untuk mempertemukan para santri dan para donatur. Tradisi ini pada 2018 mulai dikemas secara berbeda dimana para donatur diberikan kesempatan hadir pada acara tersebut.

“Seperti tahun ini untuk hari Kamis, 7 April 2022 dihadiri warga sekitar Panti Asuhan dan para donatur yang tinggal diseputar Panti Asuhan. Untuk hari Jum’at, 8 April 2022 dihadiri warga Kampung Sindurejan, warga sekitar kediaman Pembina Panti Asuhan H. Bambang Sumaryono, di Yogyakarta dan para donatur dari Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, Bantul),” jelasnya.

Selanjutnya untuk hari kamis minggu kedua dihadiri oleh Donatur Komunitas Jum’at Berkah Jogja, Simpul Sedekah Jogya, Nabung Jubah DIY (Nasi Bungkus Jum’at Barokah) dan para donatur. Sedangkan untuk minggu terakhir akan dihadiri oleh GERAKAN INFAQ BERAS (GIB) dan Relasi yang selama ini bekerjasama dengan PANTI ASUHAN IBNU FATTAH seperti sekolah dan lembaga lainnya.

Tradisi ini berawal dari para donatur yang berkeinginan bertemu dengan santri-santri Panti Asuhan Ibnu Fattah yang selama ini mereka bantu dalam kehidupannya (Moril/Materil) guna meraih masa depan yang lebih baik, donatur Pribadi maupun donatur Komunitas, bahkan karena semangatnya ingin berbagi bahagia bersama mereka bekerjasama mewujudkan sebuah kamar besar yang dibuatnya untuk menginap jikalau berkunjung dipanti, beliau ada yang menyumbangkan tempat tidur, kursi tamu bahkan pendingin ruangan pun dipasang untuk kenyamanannya jika beliau menginap di Panti Asuhan.

Tidak hanya hari Kamis dan Jum’at saja , dilain hari juga diadakan buka bersama yang diadakan oleh Komunitas Kendaraan Bermotor, Komunitas Remaja dan lainnya. Pada hari kedua juga hadir Komunitas Club Motor RTT (Riding Tipis Tipis) Jogja dan ada Komunitas Harley Davidson Kulon Progo.

Salah Seorang donatur saat ditemui koresponden Kabarno.com mengatakan bahwa sudah lama menjadi donatur di Panti Asuhan Ibnu Fattah dan merasa senang karena keterbukaan pengurusnya dan senang karena memotivasi diri dalam beribadah, serta memberikan ketenangan hati, ketenangan pikiran.

“Apalagi sudah ada jaminannya dari Allah SWT, menyimak doa yang dipanjatkan anak kecil santri panti saja sudah trenyuh dan tenang terasa dihati ini rasanya,” kata Herry Setyowati.

Seiring dengan respon masyarakat dan donatur yang sangat besar, para donatur sepakat ingin selalu mengadakan kegiatan ini, selain sebagai ajang silaturahmi dan berbagi di kegiatan ini juga melatih para santri untuk mandiri, serta belajar menjadi Event Organiser, berorganisasi dan bekerjasama dalam tim dalam melaksanakan kegiatan ini.(yah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.