Gunoto Saparie, Kukuhkan Pengurus Satupena Temanggung

oleh -30 Dilihat

Temanggung,kabarno.com– Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia ‘Satupena’ Provinsi Jawa Tengah Gunoto Saparie mengukuhkan pengurus Satupena Kabupaten Temanggung periode 2024-2029 di Gedung Sasana Bhakti Pustaka, Temanggung, Sabtu, 12 Oktober 2024. Gedung itu berada satu kompleks dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Temanggung.

Didampingi oleh Ketua Bidang Fiksi Satupena Jawa Tengah Bambang Iss Wirya, Gunoto mengatakan, dengan terbentuknya Satupena Kabupaten Temanggung diharapkan, agar gerakan literasi dapat membudaya. Dengan gerakan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca tulis, literasi numeralisasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya.

Kendati demikian, lanjut Gunoto, masyarakat dapat mengakses, memahami, dan menggunakan berbagai informasi secara cerdas. Gerakan literasi yang digalakkan oleh pemerintah, tentunya tidak akan pernah berhasil tanpa dukungan masyarakat itu sendiri.

“Saya percaya, para pengurus Satupena Kabupaten Temanggung mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan organisasi. Namun, upaya itu tidak akan berhasil optimal, jika tidak ada dukungan dari masyarakat,” ujar Koordinator Forum Kreator Era AI Jawa Tengah ini.

Ketua Satupena Temanggung terpilih Wiwik Hartati menyatakan, terima kasih atas pengukuhan pengurus Satupena Kabupaten Temanggung. Setelah pengukuhan ini pengurus Satupena Kabupaten Temanggung akan segera mengadakan rapat untu membahas program kerja.

Namun, Wiwik menambahkan, tanpa dukungan dan bimbingan dari para senior, pengurus Satupena Kabupaten Temanggung tidak akan berhasil. Karena itu, ia berharap, agar dapat memberikan bimbingan dan pelatihan, terutama kepada para pengurus baru yang masih muda.

“Melihat dominasi generasi muda mewarnai pengurus Satupena Temanggung, kami tentu sangat bergembira ria. Hal ini diharapkan dapat memacu semangat pengurus dan anggota Satupena Temanggung untuk terus meningkatkan budaya literasi,” katanya.

Pengukuhan pengurus Satupena Kabupaten Temanggung periode 2024-2029 dilakukan seusai kegiatan Workshop Penulisan Esai. Kegiatan ini yang melibatkan puluhan siswa sekolah menengah ini menampilkan dua sastrawan Yogyakarta sebagai narasumber, yaitu Eko Winardi dan Kamerad Kanjeng yang bernama asli Agus Istijanto Nagoro.

Kepengurusan Satupena Kabupaten Temanggung telah mendapatkan surat keputusan (SK) dari Satupena Provinsi Jawa Tengah Nomor 1/SK/X/2024 yang ditandatangani oleh ketua umum Gunoto Saparie dan sekretaris umum Mohammad Agung Ridlo.Dalam kepengurusan Satupena Kabupaten Temanggung ini Wiwik didampingi wakil ketua Khanif Ramadhani, sekretaris Rizki Al-Hidayah, dan Bendahara Ulul Azmi Umaroh.

Bidang Hubungan Masyarakat dijabat oleh Idamoerid Darmanto, Bidang Publikasi yang dijabat Yuli Rifai, Bidang Fiksi dipegang oleh Dini Rahmawati, Bidang Nonfiksi oleh Akhir Nurul Farida Bidang Kerja Sama oleh Ahmad Nawawi, dan Bidang Kreasi dijabat oleh Badrun NS. Sedangkan sebagai pengarah Roso Titi Sarkoro.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.